Sep 11, 2015

rebake | cream cheese brownies (gluten free)


Nanti malam rencana mau berangkat ke Makassar, lagi pikir-pikir mau bikin brownies yang memanfaatkan sisa-sisa bahan hasil bebersih kulkas, ada krimcheese 250gr ... aha! ingat brownies krim keju, secara belum pernah bikin jadinya googling resep. Yang kepilih resep dari cakefever karena takaran krim kejunya pas tidak bersisa. Bertambah lagi resep yang berhasil pakai teoung gluten free :)
ini resepnya yang saya modif sesuaikan dengan bahan tersisa di rumah :

Bahan-bahan:


Untuk lapisan coklat:

150 gram mentega atau margarin
250 gram dark cooking chocolate, potong-potong kecil (saya ganti dengan meises coklat dan sisa choco chips)
3 butir telur
125 gram gula pasir
1/4 sdt garam
50 gram tepung terigu serba guna (saya ganti pakai tepung gluten free Ladang Lima)
20 gram coklat bubuk
10 gram susu bubuk full cream
1/2 sdt Baking Powder Double Acting

Untuk lapisan Cream Cheese :

250 gram cream cheese
50 gram gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdt kulit jeruk lemon parut (saya nggak pakai karena nggak ada lemon)
2 sdt air jeruk lemon (saya ganti pakai 2 sdt perasan jeruk nipis )
2 kuning telur
100 gram White Cooking Chocolate, lelehkan (karena nggak ada, saya ganti 1 sachet susu kental manis putih)

Cara Membuat


Untuk Lapisan Coklat:
  • panaskan margarin/mentega, matikan api, tambahkan potongan Dark Cooking Chocolate lalu aduk sampai larut dan dinginkan.
  • Kocok telur, gula dan garam sampai kental. Lalu masukan campuran margarin leleh dan kocok rata dengan mixer.
  • Tambahkan campuran tepung sambil diayak, aduk rata dengan spatula.
  • Tuang lapisan coklat ke loyang 22x22x4 atau 30x10x4, sisihkan.
Untuk Lapisan Cream Cheese:
  • kocok semua bahan sampai lembut.
  • Adonan akan terlihat agak cair, kalau mau bisa menambahkan 2 sdm tepung terigu supaya adonannya sedikit mengental dan lebih kokoh (saya tidak pakai)
  • Tuang adonan cream cheese ini di atas adonan Lapisan Coklat
  • Panggang di dalam oven selama 45 menit dengan suhu 180 derajat
note : krim kejunya tidak kering cenderung lembab karena tidak ada tambahan terigu. rasa krim kejunya manis asam dari air jeruk nipisnya.
big hugs -bee&bon-

0 comments:

Post a Comment