Apr 18, 2011

Makan apa di hari pertama Bumbee?

17 april kemarin bumbee pas berusia 6 bulan. Sesuai kesepakatan kami akan mulai memberikan makanan pendamping Asi begitu usianya 6 bulan. Sepertinya bumbee masih berusaha mencerna dan mengecap-ngecap rasa lain dari asi yg bercampur butiran beras merah >.<

Kesimpulan kami dari hasil mengumpulkan informasi via internet dan milis-milis, ada 2 pendapat untuk memberikan makanan pertama ke bayi mereka:
  • Makanan pertama yang diberikan bayi bagusnya BUAH dulu. Karena buah lebih mudah dicerna bayi, dan paling mirip ASI kalau dicerna di perut kecil bayi.
  • Pendapat kedua, memberikan BUBUR BERAS TAWAR (tanpa rasa) ke bayi mereka dengan pertimbangan, beras dan sejenis serelia yang lain tingkat alerginya paling rendah, dan dengan rasanya yang tawar, bayi diharapkan tidak menjadi pemilih makanan.Kalau si bayi terlanjur diperkenalkan buah yang rasanya manis, dikhawatirkan dia tidak mau lagi makan-makanan tawar seperti bubur bersa di awal masa makannya.
Dan kami memutuskan untuk memberikan bubur beras merah dengan pertimbangan itu tadi (tingkat alergi rendah, beras merupakan makanan utamanya nanti) urusan buah nanti saja setelah terbukti dalam 3 hari ini Bumbee makan dan tidak timbul reaksi alergi atau masalah pencernaan lainnya (biasanya pupnya bayi jadi keras) .

Karena belum sempat mempraktekkan membuat tepung beras merah sendiri, mamabee memasak bubur berasnya seperti memasak bubur pad umumnya.
  • Ambil 1 sendok beras merah yang sudah dicuci bersih, masukkan di panci, masukkan air kira2 1 cangkir, masak hingga mendidih, kemudian matikan. biarkan terendam sampai 2 jam kemudian masak lagi hingga matang. 
  • Hasilnya beras merah bisa di blender. tapi karena takutnya blendernya bercampur bumbu dapur seperti cabe, jadinya bubur beras merahmya disaring saja pakai saringan kawat. Untuk menyajikannya diencerkan pake ASI yang sudah dipompa dari kemarin-kemarin.

Ada tips untuk membuat bubur beras merah ini:
  • Supaya berasnya cepat lumak, sebelum dimasak beras sebaiknya dicuci dan direndam selama minimal 2 jam.
  • Beras merah cenderung lebih keras dibandingkan beras putih biasa, jadi saat dimasak airnya semakin banyak semakin cepat lunak.
Untuk resep cara membuat tepung beras merah sendiri :

1 kg beras merah (organik lebih baik) cuci bersih dan rendam semalam dengan air bersih. pagi hari, keringkan dan jemur di tempat yang bersih. setelah beras merah kering, blender (pakai blender kecil yang bentuknya seperti mangkuk dibalik) sampai halus atau jika ingin lebih efisien, bawa ke tukang giling di pasar, dan titip giling di sana. lalu beras merah yang sudah diblender atau digiling disangrai di wajan (tanpa minyak) sekitar 5 menit. lalu dinginkan beras merah yang telah disangrai, simpan dalam toples kedap udara. beras merah ini bisa dipakai sampai 1 bulan.
(dari milis ASI FOR BABY)

0 comments:

Post a Comment