Apr 18, 2011

Homemade Tepung beras Merah

Hari ini Mamabee baru sempat membuat tepung beras merah sendiri. Untuk percobaan pertama mamabee menggunakan 1/2 liter beras merah. Karena kata teman, jangan banyak-banyak dulu. Biasanya tepung beras merah buatan rumahan hanya bisa bertahan sekitar 1 bulan dengan penyimpanan yang benar.

Bahan yang perlu disiapkan:
1/2 liter beras merah, cuci bersih kemudian rendam selama 1 malam.
3 lembar Daun pandan
blender untuk bumbu kering (yang tutupannya menhadap ke bawah)
saringan tepung
wadah  kedap udara (untuk menyimpan tepung yang sudah jadi)
wajan dan sutil
Wadah untuk tempat beras.

Cara membuatnya:
Setelah beras direndam semalaman, keringkan lagi dengan cara dijemur.
setelah kering betul maka bisa mulai memblender beras merahnya sedikit demi sedikit. (kalau tidak mau repot bisa dibawa ke tukang penggilingan beras).

Setelah di blender, tepung berasnya diayak menggunakan saringan tepung (yang halus). Sisa ayakan yang masih kasar diblender lagi sampai halus, lakukan berulang sampai beras habis.

Setelah itu, hasil ayakan tepung yang sudah halus kemudian disangrai (digoreng di wajan tanpa menggunakan minyak) dengan api kecil. masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong untuk menambah wangi tepung beras. Sangrai hingga tepungnya terasa ringan (hati-hati jangan kelamaan bisa gosong).
Kemudian satelah kering, tepungnya diayak lagi hingga halus selanjutnya didinginkan dahulu sebelum dimasukkan kedalam toples kedap udara. Bisa bertahan hingga 1 bulan dengan penyimpanan yang baik dan benar.

sumber : ASI FOR BABY & Nana Maulidya :P

0 comments:

Post a Comment