Dec 7, 2014

Resep Donat Kentang untuk Submit tantangan #2 di TDP

Asslamu Alaikum :)
Alhamdulillah bisa submit Donat Kentang

Pertama kali bikin donat kentang...Seumur-umur baru 4x bikin donat (pertama donat kampung tahun 2010, trus 1x donat ubi ungu)
Sebenanrnya donat adalah salah satu makanan favorit, berhubung saya malas bikin roti dan donat (karena ada adegan mengulenin) dimana kondisi : food processor rusak pulak. ngalusin kentang kukusnya manualita pemirsah! Belum lagi ngadon doughnya..grrrr...musti upgrade mixer ke heavy duty mixer inih *cita-cita,aaamiin* --> alasan tingkat dewa

Bikin tanpa persiapan mmg membuat kurang puas di bentuk,terutama toppingnya nggak bisa dibuat macam-macam karena bahan belum dipersiapkan. kalau dari rasanya sdh pas...manisnya pas, empuknya passs,garing pass...hangus pas goreng passs .

The artwork of Sotta Chef's kitchen. Anak sudah siap pergi ke sekolah ternyata hari ini ganti shift, dia masuk siang. Masih ada waktu 2 jam sebelum mengantar ke sekolah.Ngapain yak? Jadi ingat ada utang submit donat kentang di grup 'tantangan di dapur'sebelum tgl 16dec.

Ini sebenar-benarnya tantangan :

  1. Masak karena ada deadline, jatuhnya dikerjakan secara terpaksa....malu sama reminder (sebagai gantinya pas sudah submit saya ngeremind teman-teman dan kebayang betapa menjengkelkannya saya weksss)
  2. Membuat dari resep yang ditentukan. (biasanya suka pilih resep yang menurut saya gampang, misalnya mau bikin roti enak lembut garing yang resepnya tanpa diulenin kalau bisa minim terigu gula dan tanpa telur--> whuehehe bikin kue maunya irin dan tak repot)
  3. Food processor pass lagi rusak jadi manual menghaluskan kentang
  4. Paling malas adegan mengulenin adonan roti-rotian huhuhu (T__T)
  5. Berasa dodolnya saat membuat gorengan (pasti hangussss ngus duluan)
  6. Ngeri liat gula sama minyaknya --> sok mau akan sehat gitu dehhh
This is it...my first donat kentang.  Resep dari donat kentang ncc bu fatma bahalwan yg kesohor seantero perbakingan indonesia raya



Tapi memang setelah donatnya matang, hasilnya menul rasanya lembut ringan krenyes-krenyes apalagi kesukaan adalah donat gula...semua keluh kesah tiada berarti. Bikin 1 resep ludes dalam waktu 6 jam oleh 5 orang penghuni rumah Dieng...yaolohh pas habis masih terbayang kelembutan donatnya...saking ringannya tak terasa dimakan sudah 5 biji :D

Pakai resep :
DONAT KENTANG NCC By Fatmah Bahalwan Bahan: 500 gr tepung terigu protein tinggi 50 gr susu bubuk 11 gr ragi instant 200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan 100 gr gula psir 75 gr mentega ½ sdt garam 4 btr kuning telur 100 ml air dingin 
Cara membuat : 

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. 
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. 
  3. Istirahatkan 15 menit. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. 
  4. Diamkan 20 menit, hingga mengembang. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan. 
  5. Angkat, tiriskan. 
  6. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Asik...pasang badge ah...bikin bagde sendiri...pasang sendiri :p


Nah, jangan lupa asal usul donat bisa dibaca disini --> http://id.wikipedia.org/wiki/Donat
http://indry06.wordpress.com/2014/03/22/sejarah-asal-usul-donat/
donat dan pak polisi? Amerika bingits -->
 http://www.kaskus.co.id/thread/52fe6e9859cb17a8088b464c/kenapa-polisi-amerika-suka-makan-donat
http://madddog12.blogspot.com/2014/03/kenapa-polisi-amerika-suka-makan-donat.html



big hugs -bee&bon-

0 comments:

Post a Comment